jump to navigation

Leonardo da Vinci April 17, 2008

Posted by uraankoku in profil tokoh dunia.
trackback

 

Leonardo lahir di kota Anchiano pada tanggal 14 April 1452. Ia berasal dari keluarga yang cukup mapan. Ibunya, Caterina di Piero, adalah putri petani, sedangkan ayahnya, Pietro d’Antonio da Vinci adalah seorang notaris di kota Florence, Italia. Sejak kecil Leonardo telah memperoleh pendidikan yang terbaik. Di sekolah, Leonardo mempelajari geometri, membaca, menulis, matematika, dan bahasa Latin. Ia tumbuh sebagai seorang yang cerdas. Sekitar tahun 1466, Leonardo mengenal Andrea Verrocchio, pelukis dan pemahat ternama. Bersama Verrocchio, Leonardo memperoleh sejumlah keterampilan seperti melukis, mematung, melebur emas (goldsmithing), dan pencetakan perunggu.

Pada tahun 1476, Leonardo sudah berperan dalam lukisan Baptism of Christ karya Verrocchio. Dalam lukisan itu Leonardo melukis malaikat. Setelah itu, Leonardo mendapat tawaran untuk mengerjakan sejumlah proyek besar untuk mengerjakan relief (altarpiece) untuk sebuah kapel, Palazzo Vecchio, balai kota Florence. Lukisan besar pertamanya, The Adoration of the Magi, dibuatnya untuk Biara San.

Di Milan, ia bekerja pada Ludovico Sforza untuk membuat patung perunggu Francesco Sforza, ayah dari Ludovico. Selain itu ia juga bekerja pada Cesare Borgia, seorang duke dari Romagna, putra Paus Alexander VI. Leonardo. Tahun 1506, ia memenuhi panggilan Charles d’Amboise, penguasa Perancis dan menjadi pelukis istana Raja Perancis, Louis XIII. Saat berada di Florence, Leonardo mengerjakan monumen Gian Giacomo Trivulzio, komandan pasukan Perancis. Leonardo juga sempat bekerja pada Paus Leo X dalam kurun waktu 1514-1516. Dan terakhir, ia mengabdi pada Raja Francis I. Raja memberinya sebutan pelukis pertama, arsitek, dan mekanik raja..

Leonardo merupakan sosok yang luar biasa di bidang seni. Sejumlah karyanya merupakan karya yang monumental. Meskipun di sepanjang kariernya sebagai seniman tidak seluruh karyanya terselesaikan, seperti lukisan St. Jerome (Hieronymus) atau The Adoration of Kings. Dua karya monumentalnya, yaitu The Last Supper (1495 – 1497) dan Mona Lisa (1503 – 1506). Mona Lisa, juga dikenal sebagai La Gioconda, memiliki arti yang khusus bagi Leonardo. Ia selalu membawa lukisan ini dalam sejumlah perjalanan yang ia lakukan.

Ia juga melakukan sejumlah penelitian ilmiah. Penelitiannya meliputi beberapa bidang, seperti di bidang anatomi, ia mempelajari sirkulasi darah dan pergerakan mata. Di bidang meteorologi dan geologi, ia berhasil menyimpulkan adanya hubungan antara bulan dan pasang surut, menduga konsep modern bentuk benua, juga menduga asal usul kerangka fosil. Selain itu, dia adalah salah satu penemu ilmu hidrolik, mungkin juga termasuk perangkat hidrometer. Penemuan Leonardo lainnya yang bermanfaat, misalnya, pakaian selam. Selain itu, peranti terbang rancangannya juga telah menerapkan prinsip aerodinamika.

Sejak 1516 Leonardo da Vinci menetap di Chateau de Cloux atas undangan Raja Francis I. Lalu pada tahun 1517, Leonardo da Vinci menerima kunjungan Kardinal Louis Aragon. Kepada kardinal inilah ia menunjukkan karyanya yang terakhir. Ia meninggal pada tanggal 2 Mei 1519 dan dimakamkan di Gereja St. Florentin di Amboise. Tidak ada catatan mengenai penyebabnya.

 

 

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: